Matematika sebagai ilmu dasar dan penata nalar yang juga dijuluki sebagai ratunya ilmu (Queen of Sciences) sekaligus sebagai pelayan ilmu yang lain, berperan penting dalam perkembangan IPTEK. Namun di pihak lain pembelajaran matematika di Indonesia selama ini masih memiliki hambatan, sehingga prestasi belajar dalam bidang matematika belum optimal. Rendahnya perolehan rata-rata UAN Matematika merupakan cerminan bahwa kualitas pembelajaran matematika belum optimal, sehingga perlu ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kreativitas belajar matematika siswa.
Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat merangsang kreativitas siswa adalah pendekatan multiple talent. Widada (dalam Mulyasa, 2002) mengemukakan bahwa dalam upaya meningkatkan aktivitas dan kreativitas pembelajaran di samping penyediaan lingkungan yang kreatif, guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang salah satunya adalah pendekatan multiple talent. Selanjutnya disebutkan bahwa pendekatan ini mementingkan upaya pengembangan seluruh potensi peserta didik, karena manisfestasi pengembangan potensi akan membangun self concept yang menunjang kesehatan mental. Dalam pembelajaran...
oleh: Kade Radiana
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan masukkan komentar anda terkait dengan artikel yang dipilih!